Pelaut Indonesia Nyoblos Duluan di Pelabuhan Cape Town Afrika

by -8 Views
Pelaut Indonesia Nyoblos Duluan di Pelabuhan Cape Town Afrika

loading…

Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Cape Town, Afrika Selatan menyelenggarakan pemungutan suara bagi pelaut Indonesia pada Minggu, 4 Februari 2024 dengan mekanisme Kotak Suara Keliling. Foto: Ist

AFRIKAPanitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Cape Town, Afrika Selatan menyelenggarakan pemungutan suara bagi pelaut Indonesia pada Minggu, 4 Februari 2024 dengan mekanisme Kotak Suara Keliling.

Para ABK di Cape Town seperti WNI lainnya yang berada di luar negeri memilih capres cawapres serta Caleg DPR Dapil Luar Negeri.

Pencoblosan yang lebih awal dari Indonesia ini merupakan usulan PPLN Cape Town menyesuaikan dengan hari libur ABK maupun keadaan setempat yang jadwal tersebut kemudian ditetapkan KPU.

Terdapat 36 ABK di pelabuhan waterfront Cape Town yang telah didata sebelumnya. Panitia menaiki kapal-kapal tempat ABK berada dengan membawa kotak suara dan perlengkapan pencoblosan lainnya.

Di kapal tersebut, panitia menggelar peralatan Pemilu seperti bilik suara, kotak suara, tinta, dan sebagainya kemudian melakukan prosesi pemungutan suara dengan ABK mengisi daftar hadir terlebih dahulu.

Terhadap ABK yang karena keadaan tertentu tidak dapat menyelenggarakan proses pencoblosan di kapalnya, panitia membawa ABK tersebut ke Rumah Singgah ABK (Indonesian Seafarer Corner/ISC).

Panitia melakukan prosesi pencoblosan di gedung ISC yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan tempat kapal ABK bersandar.

ISC merupakan tempat berkumpulnya ABK yang dibentuk oleh pemerintah sejak tahun 2018. ISC diperuntukkan sebagai tempat silaturahmi, sosialisasi, pemberdayaan, dan peningkatan skill ABK.

Hasil pencoblosan surat suara yang dilakukan ABK pada hari itu akan dilakukan penghitungan pada 14 Februari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.