Partai Perindo Dorong Sirekap KPU Diaudit Digital Forensik: Aplikasi Amburadul

by -14 Views
Partai Perindo Dorong Sirekap KPU Diaudit Digital Forensik: Aplikasi Amburadul

loading…

Sirekap KPU yang tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumatera Utara. Foto/Tangkapan layar

JAKARTA – Ketua Bidang Politik DPP Partai Perindo Yusuf Lakaseng mendorong agar Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU diaudit digital forensik. Dorongan ini dilayangkan akibat tak adanya Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumatera Utara pada Sirekap KPU.

“Ya memang harus diaudit. KPU ini kan sudah dikasih dana berjubel-jubel ya. Banyak banget dananya, enggak ada alasan membuat satu aplikasi yang menurut saya sangat amburadul gini, amatiran banget ini. Ini siapa ahli IT-nya mendesain Sirekap ini, sehingga hasilnya seperti ini,” kata Yusuf kepada iNews Media Group, Minggu (25/2/2024).

Yusuf menuturkan, banyak masalah yang timbul di Sirekap KPU. Apalagi, teknologi yang diterapkan di Sirekap KPU hanya membaca gambar angka yang kerap bermasalah.

“Bayangkan saja, Sirekap ini kan ternyata dia hanya bisa membaca gambar. Misalnya hasil bacaannya angka 3 bisa menjadi 8. Bahkan ada perubahan ekstrem datanya di TPS misalnya jumlah DPT 300, ternyata di Sirekap bisa menjadi 800 hasil akumulasinya,” tutur Yusuf.

“Ini adalah satu bukti bahwa ini pemilu paling kacau. Kita belum pernah ada pemilu sekacau ini selama masa Reformasi,” imbuhnya.

Yusuf menambahkan, masalah Sirekap KPU menambah daftar panjang kekacauan pelaksanaan Pemilu 2024. Mulai dari putusan MK terkait batas usia capres-cawapres, dugaan mobilisasi aparat, hingga politisasi bansos.

“Sampai kemudian KPU dalam pelaksanaan teknisnya pun kacau balau begini. Susah memang diredam kritikan publik tentang pemilu yang curang kalau kemudian KPU tidak profesional dan tidak kredibel seperti ini,” tandasnya.

Sekadar informasi, Sirekap KPU tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Provinsi Sumatera Utara. Dari hasil penelusuran, Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumatera Utara tak ditampilkan dalam Sirekap.

Salah satunya di TPS 011, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Dari situs pemilu2024.kpu.go.id, Form C Hasil Partai Perindo tak ditampilkan, hanya seperti kain putih. Hal itu berbeda dengan partai peserta pemilu lainnya yang menampilkan Form C Hasil.

Tak hanya itu, di TPS 008 Kelurahan Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara juga Partai Perindo mendapat perlakuan serupa. Di Sirekap, pada kolom Form C Hasil Perindo hanya menampilkan background bewarna abu-abu.

Sedangkan di TPS 014 Kelurahan Muara Pinang, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara, kolom C Hasil Perindo hanya berlatar warna hitam.

(rca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.