Kelompok Konservasi Karang Lestari Situbondo Bersihkan Sampah di Dasar Laut

by -40 Views
Kelompok Konservasi Karang Lestari Situbondo Bersihkan Sampah di Dasar Laut

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Situbondo, Roy Hidayat menjelaskan Kelompok Konservasi Karang Lestari Pasir Putih itu dibentuk dengan  SK dari Pemkab Situbondo sejak 2012.

“Jadi, mereka yang memelihara, mengelola dan mengawasi terumbu karang di kawasan Pasir Putih Situbondo. Pemerintah selama ini juga memberikan dukungan dengan memberikan bantuan alat selam dan lainnya, baik dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,”katanya.

Pria yang akrab dipanggil Roy menegaskan, selain kelompok konservasi karang lestari Pasir Putih yang membersihkan sampah. Pihaknya bersama masyarakat juga membersihkan sampah dalam momen peringatan Hari Laut Sedunia.

“Kami bersama dengan Pemprov Jatim dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan bersih-bersih pantai dan laut hampir setiap hari selama Mei-Juni 2024. Kami juga memberikan bimbingan teknis pengolahan sampah plastik kepada masyarakat pesisir,”ujar Roy.

Roy mengatakan, sampah plastik menjadi salah satu penyebab pencemaran laut. Untuk mencegahnya, masyarakat diharapkan menjaga kebersihan pantai dan laut yang menjadi tanggung jawab bersama, untuk keberlangsungan ekosistem laut.

“Hasil kegiatan bersih-bersih sampah di pantai, tercatat ada sekitar 5 ton sampah plastik yang berhasil dikumpulkan. Sampah tersebut dijual ke bank sampah untuk didaur ulang agar bisa bermanfaat,”kata Roy.