Kelompok Konservasi Karang Lestari Situbondo Bersihkan Sampah di Dasar Laut

by -15 Views
Kelompok Konservasi Karang Lestari Situbondo Bersihkan Sampah di Dasar Laut
SITUBONDO, Faktual Net-Menyambut Hari Laut Sedunia tahun 2024, dua instansi Pemerintah di Kabupaten Situbondo, berlomba-lomba membersihkan sampah di laut. Tujuannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Situbondo, dalam mencegah pencemaran laut dari sampah, utamanya sampah plastik yang mengancam kehidupan biota laut.

Dua instansi pemerintah yang membersihkan sampah dilaut, dalam momen peringatan hari laut sedunia tanggal 8 Juni 2024, yakni  Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Situbondo, dan  Satpolairud Polres Situbondo, Jawa Timur.

Selain itu, kelompok penyelam yang mengatasnamakan Kelompok Konservasi Karang Lestari Pasir Putih, Situbondo, juga membersihkan sampah di dasar laut, termasuk sampah yang menempel di terumbu karang di dasar laut, dalam momen peringatan hari laut sedunia.

Ketua Kelompok Konservasi Karang Lestari Pasir Putih Situbondo Muhammad Rauf mengatakan, selain membersihkan sampah plastik di dasar laut. Pihaknya juga memberikan edukasi kepada nelayan dan para pengunjung wisata Pantai Pasir Putih, Situbondo, agar tidak membuang sampat di laut, karena sampah akan mengancam kehidupan biota laut.

“Kami sengaja bersama komunitas membersihkan sampah di dasar laut, untuk memelihara ekosistem laut di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih Kecamatan Bungatan, pada momen hari laut sedunia pada hari ini 8 Juni 2024,”ujar Muhammad Rauf, Sabtu (8/6/2024).

Menurut dia, sebetulnya komunitasnya rutin memelihara terumbu karang di kawasan wisata bahari Pasir Putih, Situbondo. Mengingat laut di kawasan wisata  pasir putih Situbondo itu, dikenal dengan  keindahan panorama alam bawah lautnya.

“Makanya, untuk menjaga kebersihan dan keindahan panorama bawah laut di wisata pasir putih,  komunitas rutin membersihhkan sampah  di dasar laut, terutama sampah plastik yang nyangkut di terumbu karang,”ujar pria yang akrab dipanggil Rauf.

Lebih jauh Rauf menjelaskan, selain rutin  memelihara rumah ikan, yang dihuni sejumlah jenis ikan hias, namun  pihaknya juga memberikan edukasi  kepada para nelayan sekitar, akan pentingnya menjaga kelestarian laut.

“Kami juga  mengajak para nelayan khususnya di Kecamatan Bungatan, agar mereka turut menjaga ekosistem laut dengan memungut sampah di laut saat bekerja, kami juga imbau menggunakan alat tangkap ikan ramah lingkungan, saat melaut untuk mencari ikan,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *