33 Kapal Akan Layani Pemudik dari Jawa ke Sumatera

by -8 Views
33 Kapal Akan Layani Pemudik dari Jawa ke Sumatera

loading…

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso meninjau jalur mudik Lebaran 2024 di KM 43 serta KM 68 Tol Jakarta-Merak dan Pelabuhan Merak, Senin (4/3/2024). Foto/Danandaya Arya Putra

JAKARTA – Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengungkapkan 33 kapal telah disiapkan untuk mengakut para pemudik Lebaran 2024 dari pulau Jawa ke Sumatera. Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, juga telah disediakan kapal cadangan.

“Kapal yang akan mengangkut ada 33 yang sudah siap operasional, dan ada cadangan-cadangan yang dipersiapkan,” ujar Raden di Pelabuhan Merak, Senin (4/3/2024).

Dia mengatakan tiga pelabuhan yang akan digunakan para mudik yakni Merak, Ciwandan, dan BBJ. Namun dari tiga pelabuhan itu akan dipisahkan antarpemudik motor, mobil, dan kendaraan barang.

“Jadi untuk Ciwandan, nanti kita akan gunakan khusus untuk roda dua dan kendaraan truk yang dikecualikan yang golongan 6 sampai 7, itu di Ciwandan, kemudian untuk golongan 8 ke atas, itu di BBJ, sehingga yang lain ada di Merak, sehingga itu terbagi dengan baik,” ujarnya.

Sementara untuk jalur tol menuju pelabuhan, pihaknya telah akan menerapkan skema delay sistem pada H-7 lebaran Idulfitri 2024. Dia menjelaskan, jika volume kendaraan di Pelabuhan Merak telah menyebabkan antrean yang panjang, pengendara akan ditempatkan terlebih dahulu di rest area KM 43 atau KM 68.

“Untuk buffer zone nanti kita komunikasi antara KM 43, 68 dengan Pelabuhan Merak. Nanti apabila di sini (Pelabuhan Merak) sudah situasi memerah atau sudah 1.000 lebih (kendaraan) akan dikomunikasikan kepada yang di 86,” kata Raden.

Skema lain yang disiapkan, jika rest area tersebut penuh, pihaknya akan melakukan pelambatan laju kendaraan di gerbang tol. Nantinya, jika antrean di Pelabuhan Merak sudah normal, maka kendaraan di rest area akan dipararelkan menuju pelabuhan.

“Nanti perhitungannya di Gerbang Tol Cikupa, nanti di Cikupa kita hambat sedikit. Setelah itu pembukaannya sama seperti tadi. Menunggu dari sini (pelabuhan), ada kosong berapa nanti dikeluarkan dari (rest area KM) 68 dikeluarkan berapa (kendaraan) dari (rest area KM) 43 juga seperti itu,” katanya.

(rca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.