Penggiat Literasi Digital dari Mafindo Anita Wahid mengatakan, Generasi Z memiliki potensi menciptakan tren dalam banyak medium, karena didukung oleh fasilitas yang mungkin belum tersedia pada generasi sebelumnya.
Meski Gen-Z mendapatkan julukan sebagai generasi paling kreatif, namun sejatinya setiap generasi memiliki porsi kreativitasnya masing-masing.
“Gen-Z lahir dan tumbuh dalam lingkungan perkembangan teknologi yang pesat dan mudah. Sehingga, banyak kesempatan dalam membuat karya yang melibatkan sensori dengan kemudahan artificial intelligence,” katanya.
Menurut Anita, Gen-Z merupakan generasi yang memiliki kemampuan menampilkan sisi keaslian diri mereka, tanpa takut terhalang konsekuensi sosial yang kaku seperti pada generasi sebelumnya.
Tak hanya itu, Gen-Z juga mampu mengkolaborasi ide kreatif dalam dunia kewirausahaan seperti yang akhir-akhir ini dirasakan bahwa banyak usaha yang memiliki taste khas dari generasi Z. “Usaha yang baru-baru inovatif biasanya selalu ada gairah dan jiwa GenZ,” ujar Anita.